Ayo, Spooring dan Balancing Mobil Setelah Mudik

Ayo, Spooring dan Balancing Mobil Setelah Mudik

Jakarta - Perjalanan mudik ke kampung halaman adalah perjalanan panjang melintasi berbagai medan jalan. Mulai dari yang mulus hingga yang penuh lubang. Nah setelah mudik, ada baiknya anda memperhatikan bagian kaki-kaki kendaraan anda.

Karena setelah mudik terkadang keselarasan dan keseimbangan roda sudah agak melenceng, putaran roda pun seolah berbelok ke kanan atau ke kiri dengan sendirinya. Disini, mobil anda harus segera melakukan beberapa perawatan, terutama spooring dan balancing!

"Maksimal setiap 10 ribu km, mobil sudah harus spooring dan balancing, kurang dari itu malah lebih bagus lagi," ujar Irwansyah yang merupakan mekanik di Asco Daihatsu di Jl. Raya Pasar Minggu, Selasa (14/9/2010).

Spooring sendiri bertujuan untuk menyelaraskan gerak dan posisi dari roda kiri dan kanan agar seimbang. "Sehingga efek mobil 'limbung' dapat diminimalisasi," imbuhnya.

Sementara balancing berguna untuk menyelaraskan roda depan dan belakang serta mereduksi getaran yang ditimbulkan oleh putaran roda.

Cara mudah mengetahui apakah mobil harus 'dirawat' adalah dengan menjalankan mobil hingga kecepatan 60 km perjam lalu jaga kondisi mobil agar berjalan lurus. Bila tiba-tiba arah mobil sedikit melenceng, maka bagian kaki-kaki kendaraan anda itu sudah harus dibenahi.

"Ini terlihat sepele, padahal penting. Kalau mobil kita 'sepeleng' kan keamanan berkendara jadi berkurang," tukasnya.

Selain itu, dengan melakukan spooring dan balancing, kita juga membuat tingkat keausan ban dan ornamen di kaki-kaki jadi merata. "Ini berguna untuk menjaga tingkat pengendalian," pungkasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dealer Honda Mobil - Blogger Theme by BloggerThemes