Biar Mobil Segar Sehabis Mudik

Biar Mobil Segar Sehabis Mudik

Jakarta - Musim mudik sudah berakhir. Tidak hanya cukup selamat sampai kembali di rumah, sebaiknya, sebelum memulai kembali aktivitas, ada baiknya memeriksa kembali kendaraan Anda.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan, agar mobil pun kembali segar pasca liburan. Nah, pemilik bengkel Twin Garage, Ajat Sudrajat berbaik hati mau memberikan tipsnya. Apa saja?

Pertama, karena mobil sudah diajak berjalan jauh, dalam kondisi panas, hujan dan macet, cek oli mesin. Periksa melalui angka di odometer untuk memastikan jarak tempuh selama mudik.

Bila sebelum mudik sudah diganti, mungkin masih aman. tapi, sebaiknya ganti baru, meski jarak tempuh tidak melebihi 3.000 km, karena kerja mesin saat mudik sangat berat.

Kemudian, cek kondisi radiator, pastikan tidak ada kebocoran dan air radiator tidak berkurang termasuk di reservoir-nya.

Apabila ketika mudik pernah mengalami overheat dan air radiator atau coolant telah tercampur segera lakukan pengurasan dan ganti dengan coolant yg baru.

Jangan lupakan juga untuk memeriksa kondisi seluruh sistem rem. Pastikan tak ada suara-suara asing yang muncul saat pengereman. Lihat ke kolong mobil untuk memastikan tidak adanya minyak rem yang melumuri bagian luar sistem roda.

Apabila terdeteksi adanya suara dan lumuran minyak rem dibagian luar, atur jadwal kebengkel untuk pengecekan. Lihat pula level minyak rem. Apabila berkurang, tambahkan.

Tapi, sebelumnya Anda harus curiga apabila pengurangan level minyak rem terjadi begitu cepat. Bisa jadi hal ini disebabkan kebocoran pada selang-selang minyak rem.

Bagian ini juga kerjanya berat selama mudik, karenanya tidak salah langsung mengecek semua komponen kaki-kaki, pastikan tidak ada suara-suara aneh yang muncul.

Goyangkan ban depan kiri kanan bergantian secara vertikal dan horizontal, pastikan tidak ada komponen yang oblak. Perhatikan boot steer dan boot as roda, pastikan tidak ada yang robek.

Seluruh permukaan ban juga wajib dicek. Jalan berlubang yang Anda lalui sepanjang perjalanan mungkin telah merusaknya. Pengikisan yang terjadi pada permukaan ban juga patut Anda lihat.

Jalan bergelombang atau rusak juga merupakan musuh besar bagi sistem kemudi mobil. Apabila terdapat gerakkan di lingkar kemudi yang terlalu renggang, sementara roda tidak bergerak ke samping, bisa dipastikan telah terjadi kerusakan teknis.

Setelah semua itu diperiksa, tidak ada salahnya untuk masuk ke dalam kabin. Membersihkan interior dengan cairan pembersih yang diperuntukkan bagi setiap bagian dari interior.

Sementara Irwansyah yang merupakan mekanik di Asco Daihatsu di Jl. Raya Pasar Minggu, Selasa (14/9/2010) menambahkan mobil harus di-tune up setelah pulang mudik.

Pemeriksaan mobil pasca mudik menurut Irwan meliputi tune up mesin agar prima kembali serta oli yang meliputi oli mesin dan oli rem.

Tidak hanya itu, fitur penghenti laju kendaraan yakni rem pun juga harus mendapat perhatian ketika selesai pulang kampung, begitu juga aki dan kelistrikan mobil yang menjalankan beragam fungsi seperti lampu dan lainnya.

"Periksa juga bagian kopling mobil, karena fitur ini juga bekerja ekstra selama mudik," imbuhnya.

Setelah pemeriksaan dan perawatan ini kendaraan anda siap diajak beraktivitas kembali.

0 komentar:

Posting Komentar

Copyright © Dealer Honda Mobil - Blogger Theme by BloggerThemes